10 Ide Kerja sampiangan ini Bikin banyak Uang Jika Serius di jalani

Kerja sampiangan - Menghasilkan uang dari pekerjaan sampingan adalah hal yang menyenangkan, selain bisa menambah pundi – pundi rupiah setiap bulannya, kamu juga bisa menambah pengalaman baru dalam dunia kerja. Pekerjaan sampingan bisa kamu lakukan setelah kamu selesai dalam kegiatan atau pekerjaan utama sehingga tetap bisa fokus pada kedua pekerjaan. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai 10 ide kerja sampingan yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi jika kamu ingin melakukan pekerjaan sampingan. Apa sajakah itu ? mari simak penjelasannya dengan seksama.
Ide Kerja sampiangan ini Bikin banyak Uang
Ide kerja sampingan

1. Kerja Sampingan Kerajinan Tangan Menjual Bros Hijab

Jika kamu mempunyai keahlian dalam kerajinan tangan, maka kamu bisa mencoba ide kerja sampingan menjual bros hijab. Kamu bisa memanfaatkan keahlian tersebut, biasanya yang berawal dari hobi bisa juga menghasilkan uang. Bros hijab yang unik dan cantik bisa menarik hati para pembeli, terlebih dijual dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa mengembangkan kreatifitas dengan selalu membuat model bros hijab yang terbaru. Kamu bisa melakukan kerja sampingan untuk menambah penghasilan setiap bulannya dan tidak mengganggu kegiatan atau pekerjaan utama. Kamu bisa melakukan kerja sampingan ini ketika mempunyai waktu luang setelah bekerja atau ketika sedang libur. Menjual bros hijab sangat cocok untuk kamu yang menyukai kerajinan tangan.

cari kerja sampingan tanpa modal
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan modal untuk membeli peralatan dan bahan untuk membuat bros hijab yang cantik dan unik. Siapkan saja modal sesuai dengan kemampuan kamu dan pastinya kerja sampingan yang satu ini tidak membutuhkan modal yang besar. Untuk memulai membuat kerajinan tangan bros hijab, kamu harus menyiapkan alat dan bahannya, seperti gunting, lem, kain flanel, peniti untuk dipasangkan pada bros dan lain – lain. Menggunakan kain flanel untuk bahan utama bros hijab karena harganya murah, banyak warna dan mudah untuk dibentuk seperti bentuk bunga, kupu – kupu atau pita.

Jika kamu sudah membuat beberapa model bros hijab, kamu bisa memfotonya dengan baik dan rapi, kemudian kamu harus mempromosikannya melalui sosial media yang kamu miliki. Dengan begitu akan semakin banyak yang mengetahui bros hijab buatanmu dan tertarik untuk membeli. Jangan lupa menuliskan keterangan pada foto dengan jelas seperti bahan, ukuran, kontak untuk membeli dan harga agar pembeli mudah mengetahuinya.


2. Kerja Sampingan Online Tanpa Modal

Ingin mempunyai pekerjaan sampingan, tetapi terhambat oleh modal karena kebutuhan masih banyak. Tenang saja, kamu bisa menggunakan ide kerja sampingan online tanpa modal. Wah, benarkah kerja sampingan bisa tanpa modal ? tentu saja bisa, di zaman sekarang sudah banyak kenyamanan dan kemudahan dalam berbisnis, sehingga yang tanpa modal pun bisa kamu jalankan. Kamu bisa memanfaatkan smartphone yang kamu miliki untuk menghasilkan uang yang lumayan untuk kebutuhan sehari – hari. Kamu jangan takut untuk melakukan kerja sampingan hanya karena tidak memiliki modal. Jangan jadikan keterbatasan modal menjadi hambatan kamu untuk memulai usaha sendiri. Kamu bisa melakukan kerja sampingan tanpa biaya alias tanpa modal, sehingga tidak perlu menghitung – hitung berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk memulai kerja sampingan tersebut.

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menjadi dropshipper dari online shop adalah menentukan barang apa yang akan kamu jual. Misalnya saja barang yang kemungkinan lakunya tinggi seperti jilbab. Ketika kamu sudah menentukan barang apa yang akan kamu jual maka bisa berlanjut ke tahap berikutnya. Jangan asal – asalan dalam memilih online shop yang akan kamu jadikan sebagai pilihan menjadi droshipper mereka. Kamu harus memilih online shop yang terpercaya dan memiliki banyak testimoni baik dari seluruh pelanggannya. Kamu bisa menjadi dropshipper dari merek atau brand yang sudah terkenal, sehingga ketika ada pembeli yang ingin membeli barang dari kamu, mereka juga akan percaya. Misalnya saja kamu ingin menjual jilbab, maka pilih brand terpercaya sehingga sistem dropshipper yang kamu lakukan juga mempunyai ketentuan yang jelas, mengenai cara penjualan, hasil dan sebagainya.

Namanya saja berjualan online, berarti kamu harus menyiapkan promosi pada sosial media yang sedang hits sekarang seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan lain – lain. Promosikan barang yang kamu jual dengan kata – kata yang menarik dan jangan lupa untuk selalu menuliskan keterangan barang agar memudahkan pembeli. Apakah kamu tertarik menjadi dropshipper ? ide kerja sampingan online tanpa modal yang satu ini bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis. Kamu tidak akan terganggu dengan pekerjaan sampingan ini, karena waktunya fleksibel.
.

3. Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Kamu seorang mahasiswa dan membutuhkan uang jajan tambahan maka kamu bisa menggunakan ide kerja sampingan untuk mahasiswa sebagai bahan pertimbangan kamu. Kamu bisa melakukan kerja sampingan tanpa harus mengganggu kegiatan utama kamu yaitu belajar dengan baik sebagai mahasiswa.
Kerja sambil kuliah

Belajar adalah tugas utama kamu, tetapi tidak ada salahnya waktu luang yang kamu miliki kamu gunakan untuk hal yang bermanfaat dan menghasilkan uang, sehingga waktu luang tidak terbuang sia – sia. Kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan sebagai pelayan warung makan atau cafe, tentu saja kamu bisa mengambil jam kerja paruh waktu sehingga bekerja dari sore hingga malam hari saja. Biasanya mahasiswa yang bekerja part time hanya bekerja 4 – 5 jam saja. Kamu bisa mendaftar pada warung atau cafe yang sedang membutuhkan pelayan part time dan tentu saja syaratnya sesuai dengan kemampuan kamu.

Jika kamu bisa bekerja sampingan, maka akan mendapatkan gaji yang lumayan untuk menambah uang saku atau membayar uang kuliah. Bekerja sampingan menjadi pelayan warung atau cafe tidak terlalu berat, karena kamu hanya melayani pesanan pembeli. Jika kamu mendapatkan bos yang baik, kamu juga bisa mendapatkan makan malam dari sana sehingga bisa menghemat pengeluaran makan malam. Carilah warung atau cafe yang dekat dengan kost, sehingga tidak memberatkan kamu dalam biaya transportasinya. Lebih baik jika bisa ditempuh dengan jalan kaki.

4. Kerja Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Untuk kamu yang seorang ibu rumah tangga, juga jangan ragu jika ingin kerja sampingan, karena ada juga ide kerja sampingan bagi ibu rumah tangga. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang yang kamu miliki untuk berjualan beras di rumah. Tentu saja sebagai ibu rumah tangga kewajiban utama kamu adalah mengurus rumah, mengurus anak dan mengurus suami. Tetapi ketika anak bersekolah dan suami bekerja, kemudian kamu sudah menyelesaikan semua pekerjaan rumah maka kamu bisa bekerja sampingan agar bisa menambah penghasilan bulanan di keluarga kamu. Berjualan beras dirumah tidaklah sulit, kamu tidak menyewa tempat dan tidak membutuhkan peralatan yang banyak. Kamu hanya membutuhkan modal untuk membeli beras pada produsen beras.

Untuk memilih produsen beras, sebaiknya harus berhati – hati dan pilihlah yang terpercaya, pastikan beras yang akan kamu jual adalah beras dengan kualitas baik yaitu tanpa kutu dan pemutih. Jika kamu sudah mendapatkan produsen beras terpercaya dengan harga beli yang wajar, maka kamu bisa menjualnya kembali di rumah, sehingga tetangga – tetangga kamu tidak perlu membeli beras jauh – jauh. Hal ini lebih cocok lagi jika kamu tinggal didaerah yang tergolong desa. Kamu tidak perlu langsung membeli banyak beras, awalnya belilah sekitar 50 kg saja untuk permulaan dan jangan mengambil untung terlalu berlebihan. Sebagai tindakan promosi, buatlah banner sederhana untuk digantung atau ditempel di depan rumah agar orang – orang mengetahui bahwa kamu berjualan beras. Kerja sampingan ini sangat mudah dan tidak memberatkan sama sekali, sehingga kamu tetap berada dirumah dan juga menghasilkan uang.

5. Kerja Sampingan di Rumah

Kamu menginginkan pekerjaan sampingan di rumah dengan modal yang sedikit ? kamu bisa menggunakan ide kerja sampingan yang satu ini. Pekerjaan sampingan itu adalah berjualan pulsa. Bagaimana ? apakah kamu tertarik ? di zaman sekarang siapa yang tidak membutuhkan pulsa, hampir semua orang membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi melalui smartphone atau ponsel mereka. Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok orang – orang. Maka dari itu kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan pulsa di rumah. Kamu tidak harus membuka konter dan membeli etalase yang harganya lumayan mahal. Kamu cukup berjualan pulsa saja sudah bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Hal pertama yang harus kamu lakukan melakukan deposit pulsa kepada agen pulsa yang terpercaya. Agar jika terjadi kesalahan dalam transaksi pulsa, memudahkan kamu dalam mengurusnya. Kemudian lakukan deposit pulsa secukupnya saja, misalnya 500.000 rupiah dahulu, agar tidak membebani untuk modal awal. Tips agar berjualan pulsa kamu bisa bertahan lama, terapkanlah sistem pembayaran langsung atau tanpa bisa di utang, karena biasanya orang dekat, teman atau keluarga memilih untuk berhutang dahulu, boleh – boleh saja tetapi berilah batas maksimal 3 hari saja agar kamu tidak kesulitan menagih. Bukannya untung, kamu malah bisa rugi dan menjadi tidak enak dengan mereka.

Kemudian kamu juga harus melakukan promosi, agar semakin banyak orang – orang yang tahu kamu menjual pulsa. Sehingga memungkinkan orang – orang bisa membeli pulsa dengan datang langsung ke rumah kamu atau ketika kamu sedang diluar kemudian bertemu tetangga, teman atau saudara yang membutuhkan pulsa, maka bisa membeli kepada kamu. Jangan mengambil keuntungan terlalu banyak, jual saja dengan harga sewajarnya agar pelanggan tidak kecewa. Untuk alat menjual pulsa, kamu bisa menggunakan smartphone atau ponsel yang biasanya kamu gunakan saja, karena jika membeli HP untuk berjualan paling tidak kamu mengeluarkan modal sekitar 400.000 rupiah. Tunggu dahulu hingga benar – benar berjalan barulah kamu membeli HP khusus untuk berjualan pulsa.

6. Kerja Sampingan Sabtu Minggu

Kamu yang mempunyai waktu luang ketika akhir pekan bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika kamu merasa akhir pekan yang kamu miliki sering tidak ada acara atau selalu kosong, lebih baik kamu menggunakan ide kerja sampingan yang satu ini. Kamu bisa kerja sampingan berjualan makanan camilan di rumah pada hari sabtu dan berjualan di Car Free Day pada hari Minggu. Sehingga dua hri di akhir pekanmu akan bisa bermanfaat. Nah, untuk berjualan dirumah kamu bisa memilih untuk berjualan cilok goreng dan telur gulung karena jajanan tersebut sedang banyak digemari banyak orang.

Ketika hari Sabtu berjualan dirumah, kamu tidak perlu menggunakan peralatan yang ribet, siapkan saja meja yang cukup untuk menggoreng cilok serta telur gulung. Pastikan peralatan seperti kompor gas dan gas elpiji tersedia. Kemudian, kamu bisa menata bahan – bahan untuk berjualan dengan rapi di sebelah meja untuk meletakkan kompor. Tetap jagalah kebersihan bahan dan peralatan yang kamu gunakan agar pembeli juga percaya bahwa jajanan yang kamu jual itu bersih.

Dan untuk hari Minggu, kamu bisa berjualan di Car Free Day, karena disana pasti sangat ramai dan penuh dengan orang yang sedang mencari jajanan. Dijamin cilok goreng dan telur goreng buatanmu akan laris manis. Pastikan rasanya tetap enak dengan memilih bahan yang berkualitas dan bagus.

Seperti telur, tepung, minyak dan sebagainya. Jika di Car Free Day kamu harus menyewa stand, tetapi tenang saja tidak mahal, sehingga jika dibandingkan dengan penghasilan kamu berjualan disana itu tidak ada apa – apanya. Jangan lupa untuk selalu melakukan promosi baik offline maupun online agar lebih banyak orang yang tahu kamu berjualan cilok goreng dan telur gulung.

7. Kerja Sampingan Karyawan Shift

Kamu seorang karyawan shift dan ingin mempunyai pekerjaan sampingan ? tenang dan jangan galau, karena kamu bisa mendapatkan ide kerja sampingan yang sesuai untuk kamu. Karena kamu bekerja dalam sistem shift maka kamu kerja pada shift pagi dan shift malam. Walaupun begitu, kamu tetap bisa bekerja sampingan agar bisa menambah isi kantong kamu dengan rupiah yang semakin banyak. Kerja sampingan yang cocok untuk karyawan shift adalah membuka jasa laundry di rumah.

Walaupun kamu tidak bisa mengerjakan laundry tersebut sendiri, kamu bisa meminta bantuan keluarga yang ada di rumah atau mempekerjakan orang lain, semisal kamu sedang tidak masuk shift pagi maka kamu bisa ikut membantu dalam usaha laundry tersebut.

Jika kamu sudah mempunyai mesin cuci di rumah, maka kamu bisa menggunakan mesin cuci yang tersedia dulu. Kemudian jika usaha laundry yang kamu jalankan sudah mulai ramai dan banyak yang membutuhkan jasa mencuci di tempatmu, maka bisa menambah beberapa mesin cuci lagi. Selain jasa laundry, kamu juga bisa menambah layanan jasa menyetrika. Tips untuk kerja sampingan yang satu ini adalah jangan memasang tarif yang terlalu mahal untuk per kilonya, gunakanlah deterjen yang mempunyai kualitas bagus, gunakanlah parfum yang wanginya tidak terlalu menyengat dan pastikan harus teliti dalam mengemas pakaian setiap pelanggan agar tidak tertukar satu sama lain.

Dengan menjalankan kerja sampingan ini, kamu bisa mengembangkan usaha laundry kamu semakin besar jika pelayanannya baik seperti pakaian yang dicuci bersih, wangi dan pengemasannya rapi berdasarkan cucian masing – masing pelanggan. Sekarang ini usaha laundry juga menjanjikan, apalagi kamu tinggal di daerah kost, dapat dipastikan laundry kamu banyak yang antri. Agar lebih memanjakan pelanggan, kamu bisa memberikan beberapa pilihan laundry, seperti satu hari kering, paket lengkap hingga setrika, laundry biasa tiga hari dan lain – lain.

8. Kerja Sampingan untuk Anak Pelajar SMK atau SMA

Untuk kamu yang masih pelajar SMK atau SMA tetapi ingin mendapatkan uang jajan tambahan dari ide kerja sampingan, kamu bisa kok melakukannya. Kerja yang sampingan yang sesuai untuk kamu agar tidak mengganggu proses belajar kamu di sekolah adalah kamu bisa menitipkan jajanan di kantin atau berjualan di kelas saat waktu istirahat. Dengan cara ini dijamin pasti jajanan yang kamu jual akan laris manis. Memang bisanya bagi pelajar yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dan tidak malu untuk memulai usaha di saat sekolah lebih memilih berjualan ketika waktu istirahat dan menitipkan di kantin, karena target penjualannya sudah pasti seluruh murid di sekolah yang jumlahnya mencapai ribuan.

Jajanan yang kamu jual, bisa dibuat oleh Ibumu yang ada dirumah dan dibantu juga oleh kamu, misalkan saja sosis goreng, sosis basah, tahu bakso, roti dadar gulung, roti lapis, roti bolu kukus dan lain – lain. Tetapi jika bagi kamu itu sulit, kamu bisa membeli jajanan kiloan, kemudian kamu kemas lagi di rumah menjadi kemasan yang bisa dijual dengan harga 500 rupiah, kemudian bisa kamu jual lagi di sekolah. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang banyak lho. Tidak ada salahnya berjualan di sekolah ketika istirahat atau menitipkan jajanan di kantin, karena hal ini bisa melatih jiwa wirausaha kamu di umur yang tergolong muda.

9. Kerja Sampingan Ibu Hamil

Kamu sedang hamil dan bosan di rumah saja tidak melakukan apa – apa dan kamu sudah resign dari pekerjaan lama kamu ? tepat sekali kamu membaca artikel ini, karena kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan. Menjadi seorang ibu adalah hal yang sangat luar biasa, kamu pasti menantikan kelahiran anak yang kamu kandung. Walaupun sedang hamil, kamu bisa menggunakan ide kerja sampingan yang cocok untuk ibu hamil. Kamu bisa berjualan sarapan pagi di rumah. Berjualan sarapan pagi tidak akan memberatkan ibu hamil, karena kamu hanya perlu berjualan di pagi hari. Dengan memanfaatkan waktu kamu di pagi hari, maka bisa menambah uang untuk biaya persalinan kamu.

Kamu tidak membutuhkan peralatan yang sulit dan ribet, sediakan saja meja yang lumayan besar untuk menata masakan yang kamu jual. Berjualan saja di teras rumah, maka kamu tidak perlu repot – repot membawa masakan – masakan tersebut ke tempat yang lebih jauh. Target utama penjualan adalah tetangga sekitar rumah kamu dan bisa juga orang – orang lain yang mengetahuinya, misalkan saja orang yang lewat dan tidak sengaja melihat warung sarapan pagi milik kamu ramai dan kemudian memutuskan untuk mampir. Jangan lupa untuk menjaga cita rasa dari masakan kamu, agar pembeli semakin banyak dan menjadi pelanggan tetap. Dan yang penting juga, kamu harus menjaga kebersihan masakan, kualitas bahan – bahan masakan dan kebersihan tempat kamu berjualan.

Untuk menjual sarapan pagi, biasanya bisa dibuka dari jam 5 pagi hingga 9 pagi saja. Setelah itu, kamu bisa menutup warung sarapan tersebut dan membereskannya. Maka dari itu agar masakan selalu habis, kamu harus memasak dengan porsi yang cukup, agar tidak banyak masakan – masakan yang tersisa. Masakan yang kamu jual bisa sayur asem, sayur bening, sop, tahu, tempe, telur bacem, ayam goreng, sayur oseng – oseng, mie oseng – oseng, nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam dan lain – lain, sesuaikan saja dengan kemampuan masak yang kamu miliki.

10. Kerja Sampingan untuk Mahasiswi

Kamu sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, kamu tinggal di kost dan menjadi anak rantau, kemudian kamu berpikir ingin mempunyai uang saku tambahan untuk jajan atau menambah uang untuk bayaran kost. Kamu bisa menggunakan ide kerja sampingan yang satu ini yaitu dengan membuka jasa mengetik tugas kuliah seperti makalah dan lain – lain. Tidak sedikit, mahasiswa atau mahasiswi yang malas dalam mengerjakan tugas kuliah mereka, maka dari itu kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengisi kantong kamu. Agar teman – teman kamu mengetahui kamu sedang membuka jasa mengetik tugas atau makalah, maka kamu harus mempromosikan atau bahkan menawarkan diri. Lambat laun akan semakin banyak mahasiswa dan mahasiswi yang mengetahuinya.

Jika kamu membuka jasa mengetik tugas atau makalah, pastikan untuk membuatnya juga dengan rapi dan tidak asal – asalan karena kamu juga dibayar. Sehingga usahakanlah semaksimal mungkin dalam mengerjakannya. Keuntungan yang kamu dapatkan bisa sangat banyak, apalagi waktu luangmu banyak sehingga lebih banyak tugas yang bisa kamu terima. Selain kamu mendapatkan bayaran, kamu juga mendapatkan ilmu lebih karena setiap mengetikkan tugas atau makalah pasti kamu otomatis membacanya. Bagaimana ? sangat asyik bukan ? mendapatkan uang dan ilmu sekaligus.

Itulah 10 ide kerja sampingan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan sesuai dengan keadaan apa yang sedang kamu jalani dan tetap bisa menghasilkan lebih banyak rupiah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca dan semua penjelasan di dalamnya bisa dipahami dengan mudah. sampai jumpa dilain kesempatan pada artikel menarik selanjutnya. Salam sukses!

Monica N
Supermikir.com

Belum ada Komentar untuk "10 Ide Kerja sampiangan ini Bikin banyak Uang Jika Serius di jalani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel