101 Macam Usaha sampingan terbaik 2019 dirumah atau online untuk ibu-ibu, pelajar, mahasiswa, pns dll

Supermikir.com - Memulai usaha sampingan agar bisa mendapatkan penghasilan dan uang saku lebih adalah ide yang bagus. Kamu bisa menjalankan usaha sampingan ketika mempunyai waktu luang, seperti misalnya di akhir pekan atau sedang tidak ada kegiatan. Usaha sampingan bisa dilakukan oleh siapapun saja, dari ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa dan lain – lain. Walaupun kamu seorang pekerja yang sudah mempunyai penghasilan utama, tidak ada salahnya untuk menambah rupiah lagi. Dan untuk kamu yang seorang mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman baru ketika berani melakukan usaha sampingan. Simak penjelasan dibawah ini dengan baik agar dapat mengetahui bermacam – macam usaha sampingan.
Usaha sampingan terbaik

1. Macam – macam Usaha Sampingan di Rumah

Pembahasan yang pertama adalah usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah. Walaupun tempatnya di rumah, kamu tetap bisa menjalankan usaha sampingan yang tentu saja menghasilkan keuntungan. Yang pertama kamu bisa membuka toko kelontong di rumah kamu dengan menggunakan etalase yang sederhana saja. Barang – barang yang kamu jual bisa berupa beras, minyak, sabun, shampo, pasta gigi, mie instan, tepung, telur dan sebagainya. Biasanya barang – barang pokok akan cepat laku. Ambilah untung sewajarnya saja, agar pembeli tidak kapok membeli barang di toko kamu. Kamu bisa meletakkan etalase pada teras rumah atau garasi, sehingga pembeli juga mudah dalam memilih barang yang dibutuhkan.

Kemudian kamu bisa membuka warung makan sederhana di rumah kamu dengan menggunakan peralatan sederhana seperti meja kayu dan kursi plastik untuk menyediakan tempat para pembeli makan di warung. Warung makan bisa kamu buka dari pagi hingga sore atau menyesuaikan waktu yang kamu miliki. Makanan yang kamu jual bisa berbagai macam sayur dan lauk pauk, jangan lupa untuk menjual minuman seperti teh hangat, jeruk hangat, es teh dan es jeruk. Untuk menjualnya, juga jangan menjual dengan harga yang mahal, pastikan untuk menjualnya dengan harga yang pas dikantong semua pembeli.

Kerja sampingan selanjutnya adalah kamu bisa menjual jajanan pasar di rumah. Biasanya jajanan pasar sangat disukai banyak orang baik untuk sarapan, cemilan maupun bekal untuk pergi. Jajanan pasar yang kamu jual bisa dibuat sendiri atau mengambil dari beberapa pembuat jajanan pasar, biasanya mereka menitipkan ke beberapa tempat. Untuk harga jualnya, kamu bisa mengambil keuntungan tetapi harus diingat ambilah keuntungan yang sewajarnya saja jangan sampai mengecewakan pembeli. Menjual jajanan pasar hanya membutuhkan meja yang cukup besar dan beberapa wadah untuk menempatkan berbagai jenis jajanan sehingga mudah untuk dipilih para pembeli. Pastikan untuk menjaga kebersihan jajanan yang kamu jual dengan menutupnya agar tidak ada lalat yang hinggap atau terkena debu.

2. Macam – macam Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa

Ibu rumah tangga juga bisa membuka usaha sampingan. Tidak perlu risau karena kamu tinggal di desa, karen juga banyak macam – macam usaha sampingan yang bisa kamu buka. Apalagi di desa biasanya penduduknya lebih banyak dan sering membutuhkan barang yang harus di beli di kota, sehingga kamu bisa menjualnya agar para tetangga tidak perlu jauh – jauh ke kota untuk membelinya.

Yang pertama adalah kebutuhan pokok untuk makan yaitu beras. Kamu bisa menjual beras di rumah, daripada tetangga – tetangga kamu membelinya jauh ke kota, kamu bisa memanfaatkan hal ini agar membeli beras di tempat kamu saja. Sudah untung tidak mengeluarkan biaya transportasi, sehingga pasti membeli di tempat yang dekat. Kamu bisa menjadi penjual beras tanpa harus menyewa tempat lagi, jual saja di rumah. Kamu hanya membutuhkan timbangan dan tempat untuk mengambil beras dari karung untuk dimasukkan kedalam kantong plastik. Pastikan beras yang kamu jual tanpa pemutih dan bebas dari kutu, agar kualitas terjamin dan pembeli juga bisa menjadi pelanggan tetap.

Usaha sampingan selanjutnya adalah menjual sayur. Di desa biasanya jauh dari pasar, maka kamu bisa menjual sayur di rumah agar memudahkan tetangga sekitar untuk membeli sayur tanpa harus jauh – jauh pergi ke pasar. Kamu bisa menjual sayur pada pagi hari, biasanya waktu tersebut sangat waktu untuk ibu – ibu berbelanja sayuran. Pastikan kamu menjual sayur yang segar dan bagus. Jangan sampai kamu menjual sayuran yang layu bahkan sudah busuk. Untuk berjualan sayur kamu bisa menggunakan meja untuk menata sayuran yang kamu jual, kamu juga bisa menambah jualan kamu seperti telur, ayam, ikan dan lain – lain.

Selanjutnya, kamu bisa berjualan air mineral isi ulang. Biasanya di desa jarang sekali yang menjual air mineral isi ulang. Kebutuhan air minum juga seperti kebutuhan pokok, maka dijamin usaha kamu yang satu ini bisa laku keras. Kamu hanya perlu menyiapkan alat untuk menyaring air agar layak minum. Biasanya air mineral isi ulang akan lebih murah daripada harga air galon, sehingga banyak orang yang memilih membeli air mineral isi ulang. Pastikan air mineral yang kamu jual bersih dan sudah layak minum .

3. Macam – macam Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

Sebagai karyawan pabrik, kamu tetap bisa membuka usaha sampingan baik yang kamu lakukan sendiri maupun dibantu oleh orang lain. Ada beberapa usaha sampingan yang cocok dengan situasi kamu. Kamu bisa memilih untuk berjualan beberapa barang yang sering dibutuhkan orang. Kamu bisa menjalankan usaha sampingan ketika mempunyai waktu libur atau waktu senggang, sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama kamu sebagai karyawan pabrik.

Sekarang ini kebutuhan fashion juga meningkat salah satunya baju. Sekarang ini banyak juga yang sudah menggunakan gamis dan gamis menjadi sangat laku dipasaran, apalagi ketika mendekati lebaran. Kamu bisa menjual baju – baju tersebut secara offline maupun online. Bisa kamu tawarkan kepada tetangga, teman kerja, keluarga dan lain – lain, lakukanlah promosi yang menarik agar mereka tertarik untuk membeli baju dari kamu. Selain menjual baju, kamu juga bisa melengkapi jualan kamu dengan menjual jilbab, sekarang ini jikbab banyak diminati oleh kaum hawa, sehingga kamu bisa menjualnya kepada rekan kerja. Jenis jilbab yang bisa kamu jual seperti jilbab instan, jilbab segitiga, jilbab syar’i dan pashmina.

Kemudian kamu bisa berjualan pulsa dan kamu promosikan kepada teman kerja, keluarga, tetangga dan kerabat lainnya. Berjualan pulsa sangat fleksibel dan modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Kamu bisa menggunakan smartphone atau HP kamu untuk menjual pulsa, caranya sangat mudah kamu hanya perlu deposit sejumlah pulsa kemudian bisa langsung menjualnya. Jika kamu belum tahu darimana kamu bisa membeli deposit pulsa, tenang saja, karena membeli deposit pulsa bisa kamu lakukan pada agen – agen pulsa terpercaya, contohnya seperti M-Kios dan masih banyak lagi. Pulsa juga bukan barang yang bisa rusak atau makanan yang bisa basi, sehingga kemungkinan untuk rugi sangat kecil dan kemungkinan untuk laku itu sangat besar, apalagi ada teman kerjamu yang sedang darurat membutuhkan pulsa.

4. Macam – macam Usaha Sampingan Mahasiswa Kuliah

Sebagai mahasiswa melakukan usaha sampingan itu sangat baik karena menambah pengalaman, menambah ilmu, menghabiskan waktu luang lebih baik dan tentu saja mendapatkan penghasilan. Ada beberapa macam usaha sampingan yang sangat cocok untuk seorang mahasiswa agar tidak mengganggu kegiatan utama kamu yaitu belajar dengan baik di perguruan tinggi. Yang pertama adalah kamu bisa menjual pulsa kepada teman – teman sekelas, teman satu kost, keluarga atau tetangga kamu. Mudah saja, kamu hanya perlu deposit pulsa kemudian menjualnya kepada mereka, ambil keuntungan yang wajar saja agar pulsa yang kamu jual tetap laku. Berjualan pulsa sangat mudah, sehingga waktu kamu tidak terganggu sama sekali.

Anak muda jaman sekarang sangat antusias mengenai make up, karena semakin banyak tutorial make up dari para beauty vlogger di Youtube maupun sosial media yang lainnya. Sehingga permintaan pasar akan make up semakin banyak juga. Bahkan make up dari brand luar negeri juga banyak diminati, tidak kalah juga brand make up dalam negeri. Kamu bisa menjual make up kepada teman – teman kamu, pastikan kamu mengambil make up dari produsen yang terpercaya. Kamu bisa menjual make up yang sulit ditemukan di toko – toko biasa, misalkan saja make up dari brand Korea yang sedang banyak di gandrungi. Pasti banyak teman – teman kamu yang tertarik. Jangan lupa juga untuk mempromosikannya di sosial media agar semakin banyak yang tahu kamu menjual make up.

Jika kamu suka aksesoris HP, maka kamu bisa menjual aksesoris HP. Menjual barang yang disukai juga bisa berpengaruh kamu lebih semangat dalam menjualnya. Sekarang ini minat terhadap aksesoris HP juga tinggi, sehingga tidak ada salahnya kamu menjual aksesoris HP seperti case HP, gantungan HP dan lain – lain. Biasanya para anak muda jaman sekarang suka dengan aksesoris HP yang lucu dan unik, sehingga kamu bisa memilih untuk menjual aksesoris HP yang kemungkinan besar akan sangat diminati. Ambilah aksesoris HP yang akan kamu jual dari produsen yang terpercaya, sehingga kualitas barangnya terjamin.

5. Macam – macam Usaha Sampingan Online Shop

Jika kamu adalah seorang penggemar belanja online, maka tidak ada salahnya kamu juga melakukan usaha sampingan berjualan online. Banyak sekali barang yang bisa kamu jual secara online, bukan hanya barang saja, makanan pun bisa kamu jual secara online, lebih dipermudah dengan sistem COD dan menggunakan ojek online. Kamu bisa memilih barang atau makanan apa yang sekiranya kamu minat untuk menjualnya, sehingga ketika tahap promosi kamu juga lebih mudah dalam menjelaskan barang atau makanan yang sedang kamu jual pada online shop kamu.

Yang pertama kamu bisa menjual aneka barang fashion seperti baju, celana, jaket, rok, jilbab dan lain – lain. Jika kamu juga pecinta fashion, maka cocok untuk menjual barang yang berhubungan dengan fashion. Dengan begitu maka kamu juga bisa mempromosikan pada online shop kamu dengan lebih semangat dan memberikan informasi yang jelas, karena kamu juga menyukai fashion. Kamu bisa menjual barang – barang fashion yang unik dan lucu, misalnya saja jaket yang lucu dengan berbagai warna, baju – baju ala wanita korea, rok – rok lucu yang sedang hits dan masih banyak lagi.

Yang kedua, jika kamu seorang pecinta kuliner maka kamu bisa menjual makanan pada online shop kamu. Dengan mempunyai minat yang tinggi terhadap makanan maka hal itu akan berpengaruh ketika kamu menjualnya sehingga lebih bersemangat dan mengetahui tentang makanan yang kamu jual tersebut. Misalkan saja kamu pecinta kuliner pedas bisa menjual cilok pedas atau mungkin kamu suka terhadap makanan instan yang sedang booming saat ini seperti seblak instan, cilok kuah instan, cuanki dan sebagainya. Jika kamu seorang yang menyukai makanan sehat, kamu bisa menjual salad buah dan salad sayur, pasti akan laris manis di kalangan orang – orang yang menyukai makanan sehat atau sedang berdiet. Yang terpenting selalu giat dalam melakukan promosi dan membuat akun sosial media yang menarik.

6. Macam – macam Usaha Sampingan PNS

Membuka usaha sampingan bagi PNS bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan, karena rekan kerja yang luas, sehingga ketika melakukan promosi akan lebih mudah. Untuk menambah penghasilan agar bisa memenuhi kebutuhan yang lainnya, tidak ada salahnya bagi kamu yang sudah menjadi PNS tetap membuka usaha sampingan sendiri. Hitung – hitung menambah pengalaman dalam dunia berbisnis, sehingga mendapatkan dua pengalaman bekerja menjadi pegawai negeri sipil dan wirausahawan.

Usaha sampingan yang bisa kamu buka sangat beragam, tergantung keinginan dan minat kamu dibidang apa. Tetapi yang akan dijelaskan dalam artikel ini adalah usaha yang sedang banyak diminati, salah satunya adalah usaha catering. Dengan membuka usaha catering, maka kamu tidak perlu repot – repot dalam membagi waktu bekerja sebagai PNS dan menjalankan catering, kamu bisa mempekerjakan orang lain untuk menjalankannya, sehingga kamu hanya perlu mengawasi kegiatan dan keuangannya saja. Usaha catering bisa laris manis jika masakan yang dibuat enak, bersih, beragam dan harganya terjangkau. Untuk mempromosikan pada awal membuka usaha catering ini, kamu bisa memberikan contoh masakannya kepada rekan kerja, keluarga dan tetangga sehingga bisa menilai apakah masakan yang kamu buat sudah layak untuk dijadikan makanan catering. Jika kamu memang pandai memasak, maka menjadi kesempatan emas bagi kamu.

Usaha sampingan selanjutnya adalah menjadi agen bayar listrik dan air bulanan. Usaha yang satu ini sangat menjanjikan karena keuntungan dari setiap pembayaran air dan listrik lumayan banyak. Kamu hanya perlu bekerja sama dengan pihak PLN dan PDAM kemudian menyediakan komputer atau laptop yang terhubung dengan internet, maka sudah bisa membuka usaha ini. Dijamin akan banyak mendapatkan keuntungan, karena orang – orang sekitarmu akan lebih mudah membayar tagihan listrik dan air setiap bulannya jika membayarnya lebih dekat. Kamu tidak perlu khawatir mengenai pengelolaannya, kamu bisa mempekerjakan orang lain untuk menjalankan usaha ini, sehingga kamu hanya perlu mengawasi saja, lagipula kamu membuka kesempatan kerja bagi orang lain dan kamu tetap mendapatkan keuntungan.

7. Macam – macam Usaha Sampingan Malam Hari

Di malam hari, kamu tetap bisa membuka usaha sampingan. Jangan terhambat oleh waktu untuk membuka usaha yang bisa memberikan banyak keuntungan untuk kamu. Ada beberapa macam usaha sampingan yang bisa kamu jalankan pada malam hari, karena di malam hari pun masih banyak orang beraktivitas. Usaha yang cocok di buka pada malam hari adalah menjual makanan. Kamu bisa mencobanya jika berminat dan mempunyai waktu luang pada malam hari.

Usaha sampingan yang pertama adalah menjual nasi goreng. Makanan yang satu sudah tidak bisa dipungkiri lagi adalah kesukaan semua orang. Siapa yang tidak suka dengan nasi goreng, bahkan orang asing pun banyak yang menyukai makanan yang satu ini. Memang biasanya nasi goreng dijual pada malam hari sebagai menu makan malam yang pas. Kamu bisa menjual nasi goreng di rumah jika tidak mempunyai tempat lain atau keberatan untuk menyewa tempat. Gunakan saja gerobak sederhana atau kamu bisa memasaknya di meja yang cukup besar untuk meletakkan kompor dan peralatan lainnya. Gunakan saja teras rumah atau garasi. Jika nasi goreng yang kamu buat enak, maka dijamin banyak pembeli yang datang. Buatlah kreasi dalam topping nasi gorengnya, misalnya bisa ditambah telur, hati ayam, sosis, bakso, tempura dan lain – lain.

Usaha selanjutnya adalah berjualan roti bakar. Cemilan yang satu ini memang sangat cocok untuk disantap pada malam hari dengan cuaca yang dingin. Kamu bisa menjualnya di rumah, sehingga tidak perlu jauh – jauh untuk membawa gerobak. Apalagi rumah kamu sudah di pinggir jalan besar maka peluang laku pesat juga terbuka lebar. Agar menarik para pembeli kamu bisa membuat kreasi pada pada roti bakar yang kamu jual, misalnya saja menambah rasa selainya seperti srikaya, anggur, nutella, keju dan lain – lain. Kamu juga bisa menambahkan menu roti bakar dengan rasa pandan, pasti banyak yang menyukainya. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan roti bakar dan tempat berjualannya. Jangan lupa untuk menyediakan tempat duduk untuk pembeli agar tidak capek saat menunggu roti bakarnya siap.

8. Macam – macam Usaha Sampingan Anak Pelajar Sekolah

Pelajar pun bisa membuka usaha sampingan agar menambah uang jajan setiap bulannya dan bisa meringankan orang tua jika ingin membeli sesuatu barang, maka bisa membelinya dengan uang hasil kerja sendiri. Tentu saja, jika seorang pelajar tugas utamanya adalah belajar di sekolah dengan baik dan berprestasi, tetapi tidak ada salahnya untuk belajar dalam berbisnis dari usia dini. Ada beberapa usaha sampingan yang cocok dengan pelajar yang masih sekolah, sehingga tetap bisa fokus belajar.

Agar ilmu yang kamu dapat di sekolah lebih bisa bermanfaat lagi khususnya bagi orang lain, maka kamu bisa mencoba mengajar les privat untuk anak SD jika kamu adalah pelajar SMA. Tidak ada salahnya kamu mencoba usaha sampingan ini, apalagi kamu mempunyai minat dalam mengajar. Kamu bisa memberikan ilmu kepada anak – anak yang kamu ajar dan juga mendapatkan penghasilan. Agar memudahkan anak yang kamu ajar, kamu bisa menerapkan sistem datang ke rumahnya sehingga anak tersebut juga lebih nyaman jika belajar di rumahnya sendiri, orang tuanya pun bisa mengawasinya langsung. Asalkan kamu mempunyai minat dalam mengajar, pasti akan mudah dalam melakukannya.

Usaha sampingan yang selanjutnya adalah menjadi penulis lepas. Jika kamu mempunyai kemampuan atau bakat dalam dunia literasi kamu bisa mencoba usaha ini. Nah, kamu bisa mencoba dengan mengirimkan karya kamu seperti puisi, cerpen atau novel kepada penerbit atau media massa sehingga jika lolos seleksi maka kamu akan mendapatkan royalti. Disamping mendapatkan penghasilan, maka karya kamu juga akan dibaca oleh banyak orang dan mungkin saja bisa menginspirasi orang lain. Kamu rajin – rajin saja melihat update mengenai media massa atau penerbit yang sedang mengadakan lomba menulis, kemudian bisa ikut serta didalamnya.

Tips Usaha Sampingan agar Untung Banyak

Kamu perlu mengetahui beberapa tips yang bisa membuat usaha sampingan yang kamu jalankan sukses dan berjalan lancar. Simak uraian dibawah ini dengan seksama ya.

1. Hal penting yang pertama adalah kamu jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum memulai usaha sampingan yang akan kamu jalankan. Doa sangat penting agar usaha kamu bisa lancar dan sukses, sehingga mendapatkan keuntungan yang banyak bukan hanya sekedar mimpi.

2. Hal penting yang kedua adalah kamu harus niat dalam menjalankan usaha sampingan apapun yang kamu jalani. Niat itu sangat penting agar kamu bisa bersemangat dalam menjalankannya. Berniatlah kamu membuka usaha sampingan ini untuk hal yang positif dan mendapatkan pengalaman baru. Jika niat kamu sudah bulat maka kamu tidak akan setengah – setengah dalam menjalankannya, sehingga bisa maksimal walaupun ada beberapa kendala yang datang.

3. Bukalah usaha yang sesuai dengan minat kamu. Jika kamu menjalankan usaha karena terpaksa dan tidak sesuai dengan bidang yang kamu sukai, maka dijamin usaha sampingan kamu tidak akan sukses. Lama kelamaan kamu pasti akan bosan dan malas untuk menjalankannya, apalagi menemui kendala. Sebaiknya pilih usaha sampingan yang menurutmu sesuai dengan keinginan kamu, misalkan saja kamu suka dengan dunia fashion kamu bisa menjual pakaian atau kamu suka dengan make up maka kamu bisa menjual make up yang sedang hits saat ini.

4. Tips selanjutnya adalah kamu bisa mengikuti perkembangan zaman dalam membuka usaha sampingan, maksudnya adalah menjual barang atau makanan yang sedang booming atau digandrungi orang banyak. Bisanya dengan mengikuti trend yang sedang ada, usaha kamu akan lebih mudah dikenal oleh orang banyak.

5. Jika kamu menjalankan usaha sampingan dalam bidang kuliner, pastikan kamu bisa melakukan inovasi dan kreasi yang menarik pada makanan yang kamu jual agar bisa membuat pembeli tertarik dan penasaran kemudian akan mencoba membeli. Kreasi sangat penting dalam menjual makanan karena orang = orang biasanya akan lebih tertarik dengan hal yang baru. Tetapi jangan lupa untuk selalu menjaga cita rasa yang enak, agar pembeli tidak kecewa ketika sudah membeli makanan yang kamu jual.

6. Buatlah nama online shop, toko atau tempat kamu menjual barang atau makanan dengan nama yang unik dan menarik. Biasanya orang – orang juga akan tertarik dengan nama – nama yang unik, apalagi mempunyai arti. Hal ini juga penting dalam menjalankan usaha, jangan sampai kamu tidak memberi nama sama sekali terhadap online shop, toko atau tempat jualan kamu.

7. Tips yang terakhir adalah jangan lupa untuk melakukan promosi baik offline maupun online. Promosi sangat penting agar dapat menjangkau lebih banyak orang, sehingga menjadi jalan banyaknya pembeli. Lakukan promosi dengan baik dan jangan terkesan spam, sehingga lakukan dengan sistem yang tertata, misalnya waktu melakukan promosi.

Demikian artikel mengenai artikel usaha sampingan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca dan dapat dipahami dengan mudah. Jika kamu ingin membuka usaha sampingan maka segeralah agar bisa berkembang dari kecil hingga besar. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya dan salam sukses.

Monica N

Belum ada Komentar untuk "101 Macam Usaha sampingan terbaik 2019 dirumah atau online untuk ibu-ibu, pelajar, mahasiswa, pns dll"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel