Mengenal Apa itu Mediatek dan Snapdragon ?

Mediatek dan Snapdragon - Perkembangan ponsel pintar atau smartphone semakin pesat saja. Apalagi ditambah banyaknya ponsel pintar keluaran terbaru yang saling bersaing secara spesifikasi yang canggih dan mumpuni. Kamu bisa memilih ponsel pintar sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya. Biasanya, orang – orang milenial jaman sekarang ketika akan membeli ponsel pintar pasti selalu mempertimbangkan spesifikasi agar bisa maksimal menikmati kecanggihan teknologi. Salah satu spesifikasi yang dilihat adalah chipset pada ponsel pintar tersebut. Lantas, apa itu Mediatek dan Snapdragon ? ingin tahu perbedaan dua chipset ini ? simak penjelasannya dibawah ini.
Mediatek dan Snapdragon
xiaomitoday.com

4 Perbedaan Chipset MediaTek dan Snapdragon

Untuk kamu yang masih bingung sebenarnya apa itu Mediatek dan Snapdragon ? jangan pusing karena kamu akan segera mendapatkan jawabannya. Pada dunia smartphone ada dua perusahaan pembuat chipset yang paling laris saat ini yaitu Mediatek dan Qualcomm. Dua perusahaan yang memproduksi chipset ini masing – masing mempunyai produk unggulan yaitu Qualcomm dengan chipset Qualcomm Snapdragon dan Mediatek dengan berbagai macam jenis chipset yang mereka produksi. Langsung saja masuk pada pembahasan perbedaan Mediatek dan Snapdragon.

Perbandingan GPU pada Chipset Mediatek dan Snapdragon

1. Kekuatan GPU
GPU atau Graphic Processing Unit adalah chip yang bertugas pada pengolahan grafis utama dalam perangkat ponsel pintar, jika pada laptop atau komputer GPU merupakan VGA. Pada Mediatek GPUnya relatif lebih lemah jika dibandingkan dengan Snapdragon, namun Mediatek tidak memakan RAM banyak. Sedangkan pada Snapdragon GPUnya lebih baik namun memakan RAM yang besar juga. Jika kamu ingin ponsel pintar dengan grafis bagus maka pilihnya chipset Snapdragon.

2. Muatan RAM
Beberapa produk chipset yang dibuat oleh Mediatek sudah mempunyai teknologi dedicated VRAM dan untuk Snapdragon masih menggunakan RAM inti dari ponsel pintar tersebut. Sehingga, Mediatek sudah mempunyai memori khusus untuk pengolahan grafisnya sedangkan Snapdragon masih menggunakan RAM inti dari ponsel tersebut. Tetapi hal ini tidak bisa disama ratakan untuk semua produk chipset Mediatek dan Snapdragon, hanya beberapa saja.

Perbandingan Prosesor pada Chipset Mediatek dan Snapdragon

1. Source Code
Untuk prosesor biasanya banyak yang memilih menggunakan Snapdragon karena lebih optimal karena dapat digunakan untuk publik atau open source. Sedangkan untuk Mediatek jika kamu ingin mengakses kodenya maka kamu harus berkunjung pada situs GitHub atau semacamnya dan jika tetap tidak bisa maka kamu harus mengubah DNS pada ponsel pintar kamu melalui menu setting DNS.

2. Variasi Produk
Mediatek sampai saat ini lebih banyak mengembangkan produk dengan prosesor yang memiliki banyak inti dan hal ini membutuhkan banyak daya dari ponsel pintar. Sedangkan, Snapdragon berfokus pada prosesor yang memiliki kecepatan clock yang tinggi.

Perbandingan Multimedia pada Chipset Mediatek dan Snapdragon

1. Qualcomm Snapdragon yang Lengkap
Pada chipset Snapdragon terus mengembangkan produknya dengan fitur – fitur baru seperti akses jaringan 4G atau LTE, sensor kamera yang lebih besar serta untuk merekam video. Sehingga kualitas multimedianya yang tinggi akan bisa membantu kamu dalam berbagai kebutuhan aktivitas.

2. Mediatek yang Konservatif
Pada chipset Mediatek tidak selalu menyuguhkan fitur terbaru atau paling mewah, melainkan lebih cenderung dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan prosesor Snapdragon.

Perbandingan Harga pada Chipset Mediatek dan Snapdragon


Untuk masalah harga Mediatek lebih banyak digunakan pada ponsel pintar kelas low – end sedangkan prosesor Qualcomm Snapdragon lebih pada pasar ponsel pintar yang high – end. Akan tetapi hal ini sekarang sudah sulit dibandingkan karena merek – merek ponsel pintar sudah banyak memproduksi ponsel pintar dengan mengkombinasikan lebih dari satu teknologi. Sehingga, untuk perbedaan harga ponsel pintar yang menggunakan Mediatek dan Snapdragon sulit terlihat.
Demikian artikel yang membahas mengenai apa itu Mediatek dan Snapdragon ? kamu pasti sudah paham mengenai 4 perbedaan yang dijelaskan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Salam sukses!

Monica N

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Apa itu Mediatek dan Snapdragon ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel