Apa itu Phising di Facebook? dan Cara Menghindarinya

Sering mendengar tentang phising pada Facebook ? lantas, apa itu phising di Facebook ? phising adalah metode yang digunakan para peretas untuk mencuri password kamu dengan cara menipu target dengan menggunakan form palsu untuk login pada situs palsu yang mirip dengan situs aslinya. Sehingga, phising Facebook yaitu cara peretas untuk mencuri password pengguna facebook dengan menampilkan kolom login yang sama persis dengan ketika akan login Facebook.
Apa itu Phising di Facebook dan Cara Menghindarinya
hackread.com
Sebenarnya, pada beberapa kasus yang terjadi situs palsu tersebut tidaklah terlalu mirip dengan situs aslinya, akan tetapi karena kurang telitinya pengguna, maka bisa saja terjebak untuk masuk. Istilah phising didapatkan dari bahasa Inggris yaitu fishing yang berarti memancing, yang dalam hal ini maksudnya adalah memancing kata sandi serta informasi pengguna. Agar kamu tidak terjebak phising pada Facebook maka kamu harus membaca penjelasan dibawah ini dengan seksama.

Bagaimanakah Cara Kerja Phising di Facebook ?

Salah satu hal yang penting dalam mengetahui apa itu phising di Facebook adalah mengetahui cara kerjanya juga. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara kerja phising di Facebook.

  1. Pada saat kamu ingin login pada Facebook, peretas membuat kamu mengklik link situs palsu yang mirip dengan Facebook, bisa dengan menggunakan gambar yang menarik, email dan cara lainnya.
  2. Ketika kamu sudah berhasil masuk pada jebakannya, kamu akan diarahkan pada situs palsu tersebut kemudian terdapat kolom login Facebook dengan berbagai kata meyakinkan seperti Facebook kamu sudah logout dan harus masuk lagi menggunakan email dan password. Kamu yang tidak teliti tentu saja bisa masuk, apalagi sedang tergesa – gesa. 
  3. Kamu masih punya waktu untuk merubah kata sandi Facebook kamu sebelum peretas melihat email dan password Facebook milik kamu.
  4. Jika sudah berhasil mengambil alih akun Facebook kamu, maka peretas akan menggunakan akun Facebook kamu untuk menyebarkan link phising kepada teman – teman Facebook kamu agar bisa mendapatkan lebih banyak korban.

Bagaimanakah Cara Menghindari Phising ?

Kamu sudah tahu cara kerja phising di Facebook, maka selanjutnya kamu juga harus tahu bagaimana cara menghindarinya. Sebenarnya sangat mudah untuk mengenali web phising jika kamu teliti dan waspada karena tampilannya tidak akan sama persis dengan web aslinya. Kamu harus bisa mencermati dengan teliti URL atau alamat tujuan ketika sudah masuk ke dalam situs tersebut, pastikan bahwa URL tersebut resmi. Sebagai contohnya alamat situs facebook.indonesia.com jelas sangat berbeda dengan indonesia.facebook.com, walaupun sepintas terlihat sama tetapi sebenarnya sangat jauh berbeda jika kamu teliti pasti menyadarinya. Pada situs facebook.indonesia.com domain utamanya adalah indonesia.com sedangkan kata facebook diawal merupakan subdomain yang merupakan bagian dari situs indonesia.com.

Seperti yang kamu ketahui, phising sangat sering kita temui pada situs media sosial, salah satunya yang paling marak adalah Facebook. Situs tersebut menyebar pada media sosial menggunakan gambar – gambar pornografi agar memancing korban yang penasaran untuk membuka situs tersebut.  Jika kamu menggunakan browser Google Chrome maka ketika kamu mengarahkan penunjuk pada gambar tersebut maka akan memperlihatkan alamat dari situs tersebut. Sedangkan pada Facebook, jika video yang kamu temui siap untuk di klik maka tidak akan menunjukkan alamat situs. Jika kelihatannya seperti video akan tetapi pada Google Chrome terdeteksi sebuah alamat situs maka sudah jelas itu adalah phising.

Sudah jelas mengenai apa itu phising di Facebook bukan ? kamu harus selalu berhati – hati dalam menggunakan Facebook agar akun kamu tidak diretas melalui link phising dan bisa merugikan banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Monica N

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Phising di Facebook? dan Cara Menghindarinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel